Komunikasi Bisnis (rangkuman mata kuliah)

Posted on January 12, 2011

0



KOMUNIKASI BISNIS

terdapat dua definisi yaitu komunikasi dan bisnis.

komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan, sedangkan bisnis adalah usaha yang dilakukan oleh individu atau kelompok yang menghasilkan barang dan jasa serta untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atau konsumen, orientasi pada bisnis yaitu keuntungan.

komunikasi dan bisnis sangat berkaitan mengingat kedua unsur dari definisi tersebut hampir sama, yakni pada komunikasi terdapat komunikator, pesan, dan komunikan sedangkan unsur bisnis adalah produksi, distribusi, konsumsi. dalam mendistribusikan barang atau jasa diperlukan sebuah penyampaian pesan dari komunakator kepada konsumen dalam konteks bisnis agar proses distribusi tersebut berjalan sesuai dengan tujuan.

 

KOMUNIKASI ORGANISASI

organisasi adalah sekumpulan, atau wadah bagi setiap individu untuk mencapai tujuan.

unsur dalam organisasi :

1. kekuasaan

2. struktur

3. koordinasi

4. komunikasi/interaksi

5. visi dan misi organisasi

komunikasi organisasi pada umumnya membahas struktur dan fungsi organisasi, hubungan antar manusia, antar budaya organisasi didalamnnya merupakan komunikasi yang terjalin satu jaringan, isi komunikasi saling bergantung satu sama lain untuk mencapai tujuan organisasi. komunikasi yang berlangsung bisa berupa vertikal (atasan dan bawahan) maupun horisontal (antar sesama).

 

BISNIS INTERNASIONAL

syarat bisnis

-niat

-6 m = man, material, money, market, method, machine

definisi internasional : berhubungan dengan banyak negara

dalam komunikasi internasional pengiriman dan penerimaan pesan haruslah melalui penafsiran, karena bahasa yang digunakan yaitu bahasa internasional yang telah ditetapkan yakni bahasa inggris. namun  dalam berkomunikasi internasional kecenderungan negara untuk tidak membawa budayanya dalam berkomunikasi internasional masih terjadi.

low contex : negara yang tidak selalu menggunakan budaya dalam berkomunikasi

high contex : negara yang manjadikan budaya sebagai bagian yang tak bisa dipisahkan dalam berkomunikasi

 

GAYA HIDUP DAN PENAMPILAN

anggapan dan pandangak kita terhadap diri sendiri menjadi modal untuk

1. bagaimana kita bertindak

2. bersikap

3. berkomunikasi

4. berpikir

kunci agar komunikasi berhasil

1. dengarkan agar tetap pada jalur

2. tentukan tujuan

3. jangan bersikap hiper responsif

4. jangan terburu-buru memberikan istruksi

5. jika ragu cari sumbernya

faktor keberhasilan penunjang karier

1. job description sebagai pegangan

2. miliki keterampilan dasar yang prima

3. gunakan nada yang ramah dan bersahabat

4. kesederhanaan

5. kekompakan sebagai team dengan atasan dan bawahan

6. interpersonal skill (agama, etika, moral)

7. wawasan

lambang dalam komunikasi

1. gerakan tubuh

2. huruf, angka, gambar

3. benda-benda tertentu

4. warna

komunikator

1. penampilan

2. penguasaan masalah

3. penguasaan bahasa

etos komunikator

1. kesiapan

2. kesungguhan

3. kepercayaan

4. ketulusan

5. ketenangan

6. keramahan

7. kesederhanaan

sikap komunikator

reseptif : bersikap menerima gagasan

selektif : menyaring gagasan

dijesif : menyesuaikan dan memutuskan gagasan

asimilatif : memadukan gagasan

transmitif : menyampaikan informasi yang didapatkan dengan cara metodologis

About these ads
Posted in: Materi Kuliah