Asas-asas Manajemen (rangkuman)

Posted on January 23, 2011

0



KEPEMIMPINAN

Kepemimpinan yaitu seseorang yang memiliki pribadi yang kuat yang dapat mengarahkan anggotanya ke arah kebaikan.

3 tipe pemimpin

1. Otoriter : dengan kewenangannya yang bisa memaksakannya keinginannya tanpa izin pihak manapun. kelebihan pada tipe kepemimpinan ini akan cepat dalam memutuskan sesuatu / kebijakan, namun kekurangannya yakni apabila wawasan yang dimiliki pemimpin kurang maka kebijakannyapun akan lemah selain itu bisa terjadi kesewenang-wenangan, dan bila akhlak nya buruk bisa terjadi pemimpin tersebut dapat  melanggar hukum.

2. Demokratis : pemimpin yang memutuskan kebijakannya sesuai dengan keinginan masyarakat. kelebihan pada tipe ini dimana pemimpin mendapat banyak pendapat orang lain sebelum membuat keputusan dan dikontrol bawahannya, kelemahannya yaitu dalam membuat keputusan pemimpin tipe ini cenderung lambat.

3. Asespen : pemimpin yang memberikan kebebasan kepada masyarakat untuk menunjukan kekreativitasannya, kelebihan tipe ini menyerahkan pada masyarakat dalam membuat keputusan, kelemahannya ketakutan terjadinya masyarakat menyalahgunakan kekreatifitasannya.

adapun sifat pemimpin yang baik yaitu pemimpin yang kharismatik, yaitu pemimpin yang dianggap oleh masyarakat dapat menyelesaikan berbagai problematika kehidupan.

PERENCANAAN

perencanaan adalah proses manajemen awal untuk menyusun langkah-langkah berupa pemikiran. dan hasilnya adalah rencana.

  • perencanaan berorientasi pada Budget : ditambah anggarannya baru dibuatlah perencanaan.
  • perencanaan berorientasi pada Program : ada Budget tak terbatas, tapi SDM haruslah diperhatikan serta memiliki tujuan yang jelas.

perencanaan strategis : strategi tujuan.

perencanaan teknis : menerjemahkan strategi tujuan.

Posted in: Materi Kuliah