Pemikiran Politik

Posted on February 4, 2011

0



Pemikiran politik merupakan pemikiran strategis, komprehensif holistik terkait dengan kepolitikan atau kehidupan politik baik domestik maupun internasional. Pada pemahaman umum berbicara politik berarti berbicara mengenai seluk beluk hal ihwal pemerintahan dan nergara.

Seluk beluk negara yang dimaksud dapat berarti mengenai hal ihwal yang berhubungan dengan negara seperti sejarah pembentukan negara, falsafah negara, ideologi negara, haluan negara, konstitusi negara, kedaulatan negara, bentuk pemerintahan negara, sistem kekuasaan negara, hubungan rakyat dengan negara, pemerintah serta dengan masyarkat lainnya dan hubungan negara dengan negara lain baik bilateral maupun multilateral.

Pada konteks lebih praktis, berbicara politik adalah bicara berbagai hal terkait dengan action negara, action pemerintahan, fungsionalisasi partai, keberdayaan rakyat, keberadaan kedaulatan negar, keberperanan negara dalam berhubungan dengan negara lain. Menjangkau lebih dalam, bicara politik berarti bicara nyawa, ideologi negara dan kekuatan unsur-unsur negara.

Dengan demikian pemikiran politik dapat dimaknai sebagai pemikiran strategis komprehensif holistik terkait penyelenggaraan negara, pemberdayaan rakyat, penyelenggaraan pemerintahan, pemeliharaan kedaulatan, pemeliharaan hubungan dengan negara lain serta penyelenggaraannya pada politik luar negeri, yang keseluruhannya dilaksanakan dalam mencapai tujuan bangsa yaitu mensejahterakan rakyatnya.

Kesejahteraan dimaksud diwujudkan melalui upaya pembangunan di segala bidang ; ekonomi, ideologi politik, sosial dan budaya, seni, agama, keamanan dan pertahanan yang kesemuanya bukanlah untuk hari ini saja melainkan untuk pemikiran yang visioner yakni untuk masa depan bangsanya.

referensi dari buku pemikiran dan kekuatan politik indonesia, Ikin sodikin